Selasa, 27 November 2012

Presentasi Bab 7

Presentasi Pemasaran Strategis untuk Pertumbuhan Perusahaan dan Penciptaan Nilai Bagi Pemegang Saham








Jika ingin file presentasi lengkap silahkan hubungi saya di siska.rahmawati.polije@gmail.com :)

Marketing's Tool





Pada perkuliah Manajemen Pemasaran, Prof Ujang menjelaskan tentang Marketing Mix (Bauran Pemasaran) ada salah satu slide yang menurut saya menarik yaitu Marketing’s Tool dimana Marketing’s Tool : Marketing Mix adalah peralatan atau seperangkat alat yang digunakan bersama-sama untuk menghasilkan tujuan berupa respon sekelompok konsumen, tdd:

1.      Produk (barang, jasa, ide, tempat,orang)
Dalam konteks pemasaran disebut sebagai “PRODUK” karena adanya ‘talent’ (bakat) yang harus dipasarkan. Contohnya: artis, olahragawan,konsultan.
2.      Place (tempat)
Menunjukkan ketersediaan produk tersebut, seperti wilayah atau kota yang dijadikan produk bernilai berupa DESTINATION of TOURISM (tujuan wisata) misal di Bali terjadi transaksi meningkatkan nilai tambah didalamnya. Contoh: Hotel, cinderamata.
3.      Price (harga)
Penetapan nilai tertentu terhadap produk.
4.      Promotion (Promosi)
kegiatan menginformasikan pada konsumen.

Pertanyaan Presentasi Buku "Pemasaran Strategik" Bab 6-7


PERTANYAAN PRESENTASI MK. MANAJEMEN PEMASARAN
BUKU “PEMASARAN STRATEGIK’ BAB 6-7

PERTANYAAN KELOMPOK 1

Masetya Mukti ( P056111863.10EK)
Berbicara ttg nilai posisi strategis perusahaan, tidak jarang faktor internal non-finasial seperti konflik dgn buruh, memberikan pengaruh thdp nilai perusahaan di pasar modal. Lalu bgmn relevansi nilai2 internal non-finasial tsb dlm penentuan posisi strategis perusahaan dan restrukturisasi kerangka kerja?
Jawab:  Upah meredam demo buruh salah satu kebijakan perusahaan memberikan upah minimum sesuai dengan UMK di tiap kabupaten. Karen buruh merupakan salah satu ujung tombak dari perusahaan dalam pelaksanaan operasinoanal perusahaan untuk resturkturisasi. Hal 175 poin 4 dan 5

Asmaul Husna (P056111733.10EK)
Di Indonesia, mayoritas industri adalah berkapasitas UKM. sejauhmana efektivitas dan efisiensi Balance Scorecard diterapkan di level UKM dalam arti kemungkinan digunakan sbg instrumen unutk meningkatkan kapasitas industrinya?
Jawab : Tentu saja bisa krn setiap perusahaan pasti mempunya ke 4 elemen (hal 166 bagan 1) klopun tidak keempat elemen itu sendiri bukan indikator tetap  tepai masih bnyk indikator di luar elemen itu yg intinya bagaimana perusahaan bisa menilai vis dari perspektif  dan membentuk srategi baru

PERTAYAAN KELOMPOK 4

Indah Eko Suryani (P056111833.10EK)
Bagaimana menurut pendapat anda dalam melakukan penilaian kinerja perusahaan saat ini mengingat penilaian posisi perusahaan secara keseluruhan dan tingkat unit operasi belum dapat dipercaya dalam mengukur penilaian dalam jangka panjang?
Jawab : Untuk mengukur kinerja manajemen digunakan pembagian deviden dan kenaikan harga dipasar saham sebagai indikator jangka panjang, cara cara baru untu menilai kenerja seperti melihat nilai tambah ekonomi dapat menyediakan ukuran yg lebih baik namun masih tetap belum dapat menjadi indikator dari penciptaan nilai dalam jangka panjang. Hal 163-164

Sandryas Alief Kurniasanti (P056111903.10EK)
Bagaimana membangkitkan kelesuan pasar atau konsumen melalui strategi daya tarik pasar yang bisa dikembangkan oleh seorang manajer?
Jawab : Faktor faktor yang paling penting dalam menentukan daya tarik pasar adalah ukuran pasar, pertumbuhan pasar, struktur kompetisi pasar, perputaran atau daur pasar dan faktor resiko. Hal 168-170

Sari Wiji Utami (P056111913.10EK)
Bagaimana metode atau cara untuk membangkitkan nilai posisi strategis perusahaan dimata konsumen ketika perusahaan tersebut pernah bangkrut atau gulung tikar
Jawab : Yaitu dengan cara mengulang dari segi strategi pemasaran dan segmentasi pasar juga  melalukan relounching, repackaging, slogan,iklan.

Kamis, 15 November 2012

Buku Wajib MK Manajemen Pemasaran

BUKU WAJIB MK. MANAJEMEN PEMASARAN

Buku PEMASARAN STRATEGIK " Strategi untuk Pertumbuhan Perusahaan dalam 

Penciptaan Nilai bagi Pemegang Saham" 

Lecture Notes based on book by Ujang Sumarwan, Agus Djunaidi, Aviliani, H.C Royke Singgih, Jusup Agus Sayino, Rico R. Budidarmo, Sofyan Rambe. 2009. Pemasaran Strategik : Strategis untuk Pertumbuhan Perusahaan dalam Penciptaan Nilai bagi Pemegang Saham. Jakarta. Inti Prima.






Sumarwan, U., Achmad Fachrodji., Adman Nursal., Arissetyanto Nugroho., Erry Ricardo Nurzal., Ign Anung Setiadi., Suharyono., Zeffry Alamsyah. Cetakan ke 2. 2011. Pemasaran Strategik: Persfektif Value-Based Marketing dan Pengukuran Kinerja. Bogor, IPB Press.