Senin, 03 Desember 2012

CEO EXCANGE


CEO EXCANGE JEFF IMMELT (GE), IRENE ROSENFELD (KRAFT)
Siska Rahmawati,SE
Based on lecture by Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, MSc

Di dalam kuliah Manajemen Pemasaran tanggal 27 Nopember 2012, kami   mahasiswa EK10 menyaksikan video yang menceritakan kesuksesan Jeff Immelt dan Irene Rosenfeld di mana mereka berdua adalah CEO dari 2 perusahaan besar di Amerika, yaitu General Electrics dan Krafts. Di dalam film tersebut, banyak kata-kata yang menarik yang diucapkan kedua CEO tersebut dan telah menginspirasikan saya.

JEFF IMMELT (CEO GE COMPANY)


Jeff Immelt adalah seorang CEO yang mau mendengarkan keluhan/masukan  para shareholder demi untuk kemajuan perusahaan. Dia juga bersifat transaparan kepada semua shareholder mengenai apa yang terjadi di dalam perusahaan.Dalam membangun GE Electric yang sempat terpuruk, Jeff melakukan terobosan startegi marketing dengan istilah Ecoimagination, yaitu startegi yang menerapkan inovasi baru dengan menggunakan teknologi ramah lingkungan.
Jeff Immelt menjadi wakil presiden GE pada tahun 1989, bertanggung jawab untuk layanan konsumen untuk GE Appliances. Ia kemudian menjadi wakil presiden pemasaran produk manajemen GE di seluruh dunia untuk Peralatan pada tahun 1991, wakil presiden dan general manager divisi GE Amerika Plastik komersial pada tahun 1992, dan wakil presiden dan general manager GE Plastik Amerika pada tahun 1993. Dia menjadi wakil presiden senior GE dan presiden dan CEO dari GE Medical Systems pada tahun 1996.
Untuk tantangan sebagai raksasa sebagai energi, inovasi harus beradaptasi dan kebijakan harus mendukung hal tersebut. Sejak saya mulai di GE pada tahun 1982, divisi perawatan kesehatan kita telah berkembang melalui kemajuan dalam teknologi. selama periode yang sama, teknologi energi hampir tidak berkembang, ini tidak ada hubungannya dengan kualitas insinyur kita, tapi itu memiliki segala sesuatu yang berkaitan dengan pasar di mana mereka melakukan bisnis.

Jeff Immelt : “untuk menjadi sukses harus mempunyai keberanian untuk mengambil keputusan”

IRENE ROSENFELD (CEO KRAFT)


Seorang Irene Rosenfeld adalah CEO yang sangat memperhatikan detail di dalam meningkatkan penjualan perusahaan KRAFT. Dia tidak segan-segan melakukan survey ke lapangan sehingga dapat mengetahui, bahwa konsumen itu membutuhkan waktu 19 detik untuk memilih suatu produk di sebuah etalase supermarket. Dia juga sangat concern terhadap divisi R&D Kraft agar produk Kraft selalu menjadi market leader di pasar produk susu olahan, keju, atau makanan siap saji. Keputusannya untuk kembali ke KRAFT setelah sempat pindah ke perusahaan lain merupakan tanggung  jawab moril dan keinginan dia untuk memberikan yang terbaik bagi KRAFT.

Irene Rosenfeld : “memahami keunggulan untuk inovasi produk yang memperhatikan keunggulan kompetitif” 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar