Pada perkuliah Manajemen Pemasaran, Prof Ujang menjelaskan
tentang Marketing Mix (Bauran Pemasaran) ada salah satu slide yang menurut saya
menarik yaitu Marketing’s Tool dimana Marketing’s Tool : Marketing Mix adalah
peralatan atau seperangkat alat yang digunakan bersama-sama untuk menghasilkan
tujuan berupa respon sekelompok konsumen, tdd:
1.
Produk (barang, jasa, ide, tempat,orang)
Dalam
konteks pemasaran disebut sebagai “PRODUK” karena adanya ‘talent’ (bakat) yang
harus dipasarkan. Contohnya: artis, olahragawan,konsultan.
2.
Place (tempat)
Menunjukkan
ketersediaan produk tersebut, seperti wilayah atau kota yang dijadikan produk
bernilai berupa DESTINATION of TOURISM (tujuan wisata) misal di Bali terjadi
transaksi meningkatkan nilai tambah didalamnya. Contoh: Hotel, cinderamata.
3.
Price (harga)
Penetapan
nilai tertentu terhadap produk.
4.
Promotion (Promosi)
kegiatan
menginformasikan pada konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar